Thursday, March 2, 2017

Enak dan Tidak Enaknya Pakai Kacamata

KacaMata

Di sekitar kita nama Kacamata pastinya tidaklah asing lagi untuk kita, pastinya kita langsung mengenalnya saat melihatnya. Kacamata juga banyak manfaatnya loh contohnya saja kacamata dapat sebagai benda memperkeren gaya, melindungi mata dari sinar matahari dan membantu orang yang menderita kelainan pada kesehatan mata. Kacamata ini mempunyai arti sebagai lensa yang tipis untuk mata kita. Dan kacamata itu sendiri memiliki banyak bentuk, model dan bahan tinggal kita ingin memilih dan memakai yang seperti apa. Mungkin dulu kalau orang yang menderita kelainan pada mata seperti minus,plus ataupun silinder pasti merasa malu dan tidak PD untuk memakai kacamata, tapi sekarang malah jadi sebuah gaya karena kacamata jaman sekarang mempunyai banyak bentuk sehingga kecuali membantu manusia dalam penglihatan kacamata juga dapat memperindah gaya.
Arti,Jenis Dan Enak atau Tidak Enaknya Pakai Kacamata


Jenis Kacamata Dan Kegunaannya

Nah sahabat, berbicara tentang kacamata nih, Kacamata memiliki beberapa Jenis dan masing-masing mempunyai kegunaan yang berbeda loh, Model,bentuk dan bahan boleh sama tapi ada beberapa jenis kacamata yang perlu kita tahu, supaya kita dapat memilih sesuai kebutuhan kita. Ini Jenis kacamata dan kegunaannya :
  • Kacamata Hitam, Kacamata ini  memiliki warna lensa yang gelap. Dan kacamata hitam ini dapat melindungi mata kita dari sinar ultraviolet dan sinar yang menyilaukan mata kita. Selain itu kacamata ini dapat dimanfaatkan untuk memperindah gaya dan membantu para tuna netra supaya orang lain tidak bisa melihat mata mereka kalau mata mereka cacat.
  • Kacamata 3D, Kacamata ini digunakan untuk melihat film yang bertiga dimensi. Karena kacamata ini adalah alat bantu vital untuk mendapatkan sensasi pada tiga dimensi yang dimana kacamata ini lensanya berwarna merah dan biru.
  • Kacamata Baca, Kacamata ini digunakan sebagai alat bantu untuk membaca pada mata yang penglihatannya kurang normal,sehingga orang yang memakainya akan mudah membaca karena penglihatannya dapat normal saat membaca.
  • Kacamata Masa Kini. Kacamata masa kini ini didesaign sangat canggih, dulu lensa pada kacamata terbuat dari kaca dan sekarang didesaign lensa pada kacamata terbuat dari plastik. Hal ini sangat menguntungkan bagi para pemakai kacamata karena sangat efektif dan tidak mudah pecah.

Kelainan Mata Yang Memerlukan Kacamata

Biasanya Kacamata sangat diperlukan bagi orang yang mempunyai kelainan pada mata karena sangat membantu dalam penglihatan secara normal. Apa aja kelainan mata yang memerlukan kacamata? ini ada beberapa kelainan pada mata yang menuntut untuk memakai kacamata.
  • Rabun Jauh atau bisa disebut Miopi. Orang yang matanya memiliki kelainan miopi ini akan kesulitan atau tidak mampu melihat benda yang berada dijarak yang jauh tapi dapat melihat benda dijarak yang dekat disebabkan lensa mata telah kehilangan gaya elastisitasnya sehingga cahaya tidak bisa tepat jatuh pada retina tapi didepan retina. Dan biasanya orang yang mempunyai kelainan mata ini menggunakan kacamata yang berlensa Konkaf atau kacamata minus.
  • Rabun Dekat atau bisa disebut Hipermetropi. Kelainan mata ini tidak mampu melihat benda yang berjarak dekat tapi dapat melihat benda yang berada pada jarak yang jauh karena lensa mata kehilangan elastisitasnya hingga cahaya tidak dapat jatuh tepat pada retina, jatuhnya dibelakang retina. Biasanya kacamata yang digunakan adalah kacamata ber lensa Konveks atau kacamata plus. 
  • Presbiopi atau Rabun tua. Kelainan ini mengakibatkan sang penderita tidak mampu melihat dengan jelas benda yang berada didekat maupun berada di jauh,biasanya banyak diderita oleh orang yang ber usia diatas 40 tahun. Dan untuk membantu penderita dapat melihat dengan jelas, penderita dapat menggunakan kacamata Bofokal.
  • Astigmatisma atau Silinder. Kelainan mata ini terjadi adanya gangguan pada mata sehingga penderita tidak dapat membedakan garis lurus. Gangguan ini terjadi karena adanya permukaan tidak rata pada mata sehingga saat cahaya dipantulkan melalui permukaan yang tidak rata makan akan mengirimkan cahaya yang tidak rata pada retina. Untuk mengatasinya penderita dapat memakai kacamata yang ber lensa silinder. (Baca Juga : Bersalahkah aku jika mencintaimu?)

Enak Dan Tidaknya Pakai Kacamata

Ehm,., ini masih tentang kacamata nih, sering kali kita menjumpai orang yang menggunakan kacamata entah itu buat gaya ataupun buat alat bantu pada penglihatan. Pastinya ada yang PD dan tidak PD. Berbicara tentang PD atau tidak PD ternyata benar loh kalau memakai kaca mata ada Enaknya Dan ada Tidak enaknya, kenapa? Yuk kita lihat
Yang pertama kita lihat dari segi enaknya dulu ya..
  • Enaknya kalau pakai kacamata kita dapat melihat benda apapun dengan jelas (bagi penderita kelainan mata).
  • Kalau kita pakai kacamata mata kita akan terhindar dari sinar ultraviolet atau sinar yang silau yang dapat merusak mata kita.
  • Kalau kita memakai kacamata kesempatan tertular sakit mata sangat dikit loh, karena dapat terlindungi dari virus sakit mata yang menular itu.
Yang Kedua kita lihat dari segi Gak Enaknya Pakai Kacamata...
  •  Gak enaknya pake kacamata itu Kalau mau olahraga susah, gimana gak susah contohnya saja kalau mau main voli pastinya banyak gerak dan loncat-loncat kan pasti kacamatanya kalau gak goyang ya jatuh, ada lagi kalau mau berenang gimana coba caranya? dilepaspun tak bisa lihat jelas kan... 
  • Gak enaknya pake kacamata saat makan atau minum yang panas-panas karena dapat menyebabkan lensa kacamata berembun, inginnya nikmat menikmati makanan dan minuman tapi malah keganggu karena kacamata berembun.gak enak banget kan?
  • Gak enaknya pake kacamata kalau pas kita jalan atau naik motor  ditambah gak pake helm pas hujan, aduh..duh.. sangat repot banget nih yang satu ini, bisa membahayakan soalnya kacamatanya kena air hujan.
Nah itulah pembahasan tentang kacamata mulai dari arti,jenis dan fungsinya. kebanyakan kita hanya mengerti apa kacamata itu secara umum dan saat ini dengan adanya tulisan ini kita bisa mengerti yang belum kita ketahui. Semoga bermanfaat.
Kunjungi Blog ak yang lain :
Tips dan trik Seputar CCTV, Networking dan komputer
Tempat Informasi Jaringan dan Komputer




1 comments so far

dapatkan bonus ramadhan di sini buruan biar ga keabisan DI SINI AJA


EmoticonEmoticon